Goodreads Indonesia

Bioskop Baca – Festival Pembaca Indonesia 2016

Festival Pembaca Indonesia adalah kegiatan besar yang sejak tahun 2010 rutin diadakan setiap tahun oleh Goodreads Indonesia. Kegiatan ini tercipta selain untuk memberikan wadah rekreasi baca dan juga sebagai tempat berkumpulnya pembaca Indonesia, diharapkan juga dapat membudayakan kegiatan membaca dari dan untuk pembaca Indonesia.

Di Goodreads Indonesia, rekreasi baca tidak hanya terbatas pada buku dan membaca buku saja, namun juga bisa berupa menonton film adaptasi dari buku-buku favorit. Ini yang menjadi alasan mengapa Bioskop Baca selalu menjadi bagian kegiatan di Festival Pembaca Indonesia.

Untuk Festival Pembaca Indonesia 2016 yang akan diadakan pada 10 – 11 Desember 2016 ini, Bioskop Baca akan mengangkat tema: Sastra Dunia dalam Film. Selama dua hari ini Bioskop Baca akan memutar film-film yang diadaptasi dari sejumlah karya sastra dunia, dan menampilkan sisi visual dari karya sastra tersebut.

Film-film adaptasi dari karya sastra dunia yang akan diputar di Bioskop Baca adalah sebagai berikut:

Sabtu, 10 Desember 2016

 

midnights_quad1

Midnight’s Children (2012)

Sutradara: Deepa Mehta (India)

Durasi: 2 jam 28 menit

Dewasa 17+

Adaptasi dari novel “Midnight’s Children” (1981) karya Salman Rushdie (India/Inggris) yang berkisah tentang transisi merdekanya India dari kolonialisme Britania serta pisahnya Pakistan dari India era kolonial. Edisi Indonesia diterbitkan oleh Serambi (2009).

mv5bmtq1nzm5odi1ov5bml5banbnxkftztgwntg5mzkwmze-_v1_

 Red Sorghum (1987)

Sutradara: Zhang Yimou (Cina)

Durasi: 1 jam 31 menit

Dewasa 17+

 Adaptasi dari Hóng Gāoliáng Jiāzú” atau “Red Sorghum Clan” (1986), novel pertama Mo Yan pemenang Nobel Sastra 2012 asal Cina. Kirkus dalam review tentang Red Sorghum: “Graphic scenes of violence become numbingly repetitive, but Mo Yan tempers his brutal tale with a powerfully evocative lyricism.” Edisi Indonesia diterbitkan oleh Serambi (2014)

 

mv5bmtizmja3nti0nf5bml5banbnxkftztcwmdy2otqymq-_v1_

 Pantaleon y las Visitadoras (Captain Pantoja and the Special Service) (2000)

Sutradara: Francisco José Lombardi (Peru)

Durasi: 2 jam 17 menit

Dewasa 17+

 Merupakan adaptasi dari “Pantaleón y las visitadoras” atau “Captain Pantoja and the Special Service” (1975) novel karya pemenang Nobel Sastra 2010 asal Peru, Mario Vargas Llosa. Berkisah tentang seorang perwira Angkatan Darat Peru yang sangat serius dan efisien, yang ditunjuk oleh atasannya mempersiapkan layanan spesial bagi para prajurit yang ditempatkan di perbatasan Peru di wilayah Amazon. Novel ini belum diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, tapi ada dua karya Vargas Llosa lain yang sudah diterjemahkan.

 

 Minggu, 11 Desember 2016

 

affiche-def-du-film

The Little Prince (2015)

Sutradara: Mark Osborne (AS)

Durasi: 1 jam 48 menit

Semua umur

 Diadaptasi dari novel popular Le Petit Prince (1943) karya  Antoine de Saint-Exupéry dari Perancis yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Edisi Indonesia diterbitkan oleh Pustaka Jaya (1979) dan Gramedia Pustaka Utama (2003).

100yom_mbf_site

 The 100-Year-Old Man Who Climbed Out the Window and Disappeared (2013)

Sutradara: Felix Herngren (Swedia)

Durasi: 1 jam 54 menit

Semua Umur

Diadaptasi dari novel berjudul Hundraåringen som klev ut genom fönstret och försvann karya Jonas Jonasson asal Swedia. Berkisah tentang Allan Karlson yang melarikan diri dari panti jompo sebelum ulangtahunnya yang ke-100. Edisi Indonesia diterbitkan oleh Bentang Pustaka (2014).

theoldmanwhoreadlovestories

The Old Man Who Read Love Stories (2001)

Sutradara: Rolf de Heer (Belanda)

Durasi: 1 jam 55 menit

Semua umur

Diangkat dari “Un viejo que leía novelas de amor” atau “The Old Man Who Read Love Stories” (1989) karya Luis Sepúlveda (Cile). Berkisah tentang seorang laki-laki tua asal Spanyol yang tinggal di kota kecil dekat hutan dan gemar membaca kisah cinta. Satu hari kehidupannya yang tenang terganggu  akibat kemunculan seekor Jaguar yang menghantui penduduk kota tersebut. Edisi Indonesia diterbitkan oleh Marjin Kiri (2005).

Catatan:

Bagi pengunjung Festival Pembaca Indonesia yang membawa anak-anak untuk memperhatikan batas usia film-film yang ditayangkan.

Advertisements
%d bloggers like this: