Goodreads Indonesia

Anugerah Pembaca Indonesia ke-2, 2011

In Acara on 16/10/2011 at 21:11

Sebuah perayaan akbar oleh, dari, dan untuk Pembaca Indonesia akan segera dihelat tak kurang dari dua bulan lagi. Tepatnya, pada 4 Desember 2011 nanti, berlokasi di Plaza Area GOR Soemantri Brodjonegoro, Pasar Festival Kuningan Jakarta. Puncak perbauran rasa dari kenikmatan melakoni aktivitas yang berhubungan dengan dunia perbukuan akan dihadirkan dalam satu hari yang tidak bakal terlupakan oleh siapa pun yang berkesempatan untuk menghadirinya.

Satu tahun. Ada banyak sekali yang terjadi dalam waktu satu tahun. Bermacam buku terbit, dari pelbagai genre. Penulis-penulis baru bermunculan. Sementara, penulis yang sudah mapan tetap produktif dengan menerbitkan karya-karya terbarunya. Ada yang mencetak hits, namun tak jarang pula yang kurang mendapat sambutan. Apa yang salah?

Tidak ada yang salah. Semuanya adalah karena kita. Ya, kita sebagai pembaca adalah penentu dunia perbukuan. Tanpa pembaca, apalah arti segudang buku-buku bermutu. Apalah arti gairah membara dari penulis-penulis idealis, jika tak ada pembaca yang meluangkan waktu untuk membaca, meresapi, dan mengambil ide itu. Tak ada artinya. Sudah pasti. Ini bukan bentuk kepongahan, namun sebuah pernyataan, “Jangan remehkan kekuatan para pembaca.”

Namun, sebagai pembaca, kita serupa musafir yang kehausan di tengah terik Gurun Sahara. Buku-buku yang ditulis oleh para penulis, disunting oleh para editor, lalu diterbitkan oleh para penerbit, menjadi oase yang menyediakan sekolam air segar penghilang dahaga pembaca. Maka, pembaca – penulis – editor – penerbit – buku, adalah garis lengkung membulat yang tak mungkin terputuskan. Kita adalah satu. Satu adalah kita.

Sebagai wujud rasa terima kasih kita sebagai pembaca, Festival Pembaca Indonesia 2011 kembali menyelenggarakan Anugerah Pembaca Indonesia. Pembaca berkesempatan mencurahkan suara hati tentang buku-buku yang disukai. Pada API, Pembaca adalah dewan juri sesungguhnya. Pembacalah yang menentukan buku mana, penulis siapa, dan sampul buku seperti apa, yang patut untuk dianugerahi sebagai yang terfavorit.

Selamat merayakan kebebasan mencurahkan suara hatimu, wahai Pembaca Indonesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: