Goodreads Indonesia

Saatnya pembaca punya perayaan sendiri!

In FAQ on 12/10/2010 at 20:40

Dalam setahun ada cukup banyak kegiatan perbukuan besar di Indonesia, mulai dari Pesta Buku yang diadakan di setiap kota di pertengahan tahun, Indonesia Book Fair di kuartal ketiga, dan lainnya. Namun dalam kegiatan-kegiatan tersebut, porsi waktu lebih besar diberikan kepada para penerbit, penulis, atau pekerja buku. Tidak cukup banyak perhatian diberikan kepada para pembaca, entah yang bergabung ke dalam kelompok/komunitas atau perseorangan, untuk bisa turut merasakan “perayaan” yang diusung oleh kegiatan-kegiatan itu. Perayaan seolah-olah dianggap cukup dengan memberikan diskon untuk pembaca, kegiatan peluncuran buku,  dan persoalan dianggap selesai sampai di sana. Padahal sebenarnya para pembaca membutuhkan lebih dari itu.

Yang absen dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah “ruangan interaksi” bagi orang-orang yang mempunyai rasa kecintaan yang sama terhadap kegiatan membaca yang biasa disebut dengan pembaca dan dengan ruang interaksi dengan penulis yang telah menceritakan kisah-kisah yang begitu luar biasa untuk diikuti dan dikagumi. “Ruangan interaksi” ini diinginkan oleh para pembaca untuk membicarakan apa yang menurut mereka menarik, penting, dan dikomunikasikan ke sesama pembaca lain atau orang lain. Lewat interaksi inilah pembaca dapat mengubah dirinya menjadi “agent of change” agar masyarakat yang lebih luas menyukai kegiatan membaca.

Kehadiran “ruang interaksi” inilah yang akan diselenggarakan sebagai sebuah perayaan para pembaca dan menjadi puncak dari segala macam kegiatan perbukuan.

Oleh karena itu, Goodreads Indonesia berinisiatif mengadakan Festival Pembaca Indonesia 2010 sebagai kegiatan non-profit dalam bentuk rekreasi baca yang diselenggarakan oleh pembaca.

Sebagai perayaan puncak, dalam festival ini untuk kali pertama para pembaca buku berkesempatan menunjukkan koleksi bukunya kepada publik baik ke sesama pengoleksi buku, ke para pembaca, dan ke kalangan umum. Di festival ini juga, para pengunjung, khususnya pembaca, berkesempatan menukarkan buku lama dengan buku lain yang belum dibaca lewat kegiatan tukar buku. Selain itu, pengunjung dan pembaca bisa menonton film-film yang diadaptasi dari buku karya penulis ternama dan beragam kegiatan menarik lainnya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa Festival Pembaca Indonesia ini bertujuan:

  • Merayakan bertemunya para pembaca secara nasional
  • Memberi kesempatan pembaca untuk menunjukkan koleksi bukunya
  • Memberi kesempatan kepada pengunjung untuk berinteraksi dan memahami pentingnya mempunyai kebiasaan membaca
  • Memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menukar buku-buku lamanya dengan buku-buku yang lebih menarik dibaca secara gratis
  • Memutarkan film-film adaptasi dari buku untuk menunjukkan betapa luasnya dunia membaca hingga banyak buku yang diadaptasi ke dunia film

Semoga niatan yang baik ini akan terlaksana dengan lancar dan mendapat sambutan luas dari masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: